Profile

Join date: Oct 31, 2022

About

10 Sajian Terbaik untuk Dicoba di Sumatera


Masakan Sumatera sudah mengalahkan semua Indonesia. Beberapa tempat seperti Jakarta, Bandung, serta Bali mempunyai tempat makan nasi Padang, dinamakan berdasar kota di Sumatra yang mempelopori sajian itu. Sebuah restaurant Padang bahkan juga tempati rangking paling atas sebagai tempat makan terbaik di Singapura !


Munculnya masakan Sumatera di mana saja khususnya disebabkan karena hasrat dan usaha orang Minangkabau yang bagus. Keluarga Migran Minang (barisan etnis asli di Sumatera) sudah bawa makanan sedap mereka ke semua Asia Tenggara, membuat merk kulineran yang kuat.


Sajian itu demikian terkenal di daerah itu hingga Indonesia dengan senang mengeklaim sajian Minang seperti rendang daging sapi sebagai sisi dari identitas nasionalnya. Baca terus untuk ketahui mengenai sajian terbaik untuk dicoba saat ada di Sumatera—banyak salah satunya ialah kreativitas Minang, tapi budaya lain di Sumatera mempunyai kontributor berarti mereka sendiri pada ajang kulineran yang luas di pulau itu, Berikut dari Celebes.


Pempek

Di Palembang, warga di tempat bersumpah dengan pempek, jajan murah dan beraroma yang dibuat dari surimi (pasta ikan) daging tenggiri yang dipadankan dengan tepung tapioka dan rempah-rempah. Pempek direbus atau dimasak, selanjutnya dihidangkan dengan sauce pedas manis yang disebutkan cuko, plus tambahan mie, nasi, atau ketimun potong dadu.


Sajian kaki lima simpel ini datang dalam bermacam-macam yang mengagetkan seperti pempek kapal selam (dengan pokok telur rebus—seperti telur scotch ala-ala Indonesia): pempek bundar (berwujud bola-bola kecil), dan pempek lenjer (pempek panjang berwujud sosis yang kerap dipotongi saat sebelum dihidangkan).


Lontong Sayur Medan

Lontong ialah kue beras yang penuh dengan arti. Tiap kota besar di Jawa dan Sumatera mempunyai sajian dengan bahan dasar lontongnya sendiri, dan keterikatan budayanya dengan Lebaran (musim Idul Fitri di Indonesia) sudah menjadikan sajian favorite di Medan untuk buka puasa, atau untuk rayakan Idul Fitri. Fitri.


Saat pesta dengan warga di tempat saat Lebaran, kemungkinan Anda akan melahap lontong sayur ciri khas Medan yang dihidangkan dengan potongan lontong dan sayur dalam kuah yang dibuat dari santan, terasi yang difermentasi, dan udang. Hiasan yang lain terhitung nangka, kacang panjang, labu siam, wortel, telur rebus, dan gorengan gurih yang disebutkan keropok.


Soto Padang

Orang Minang di Padang bersikukuh jika soto mereka (sup daging) lebih baik dibanding soto Jawa atau Madura, walau tidak ada santan yang diketemukan di versus lain itu. Koki Minang tingkatkan soto mereka dengan memakai rempah-rempah tradisionil, yang menyerap kaldu dengan pukulan yang Anda bisa mengetahui bahkan juga saat sebelum Anda mengusung sendok ke dalam mulut.


Soto ciri khas Padang berisi daging sapi, bihun, dan kentang goreng. Daging sapinya dapat berbentuk dendeng balado lokal: beberapa pengunjung lebih sukai makan soto Padang dengan ketupat (kue beras) atau mungkin dengan telur rebus.


Ayam Tangkap

Sajian ayam goreng lokal asli Aceh, ayam tangkap menyatukan bumbu bumbu lokal dengan pemakaian pandan wewangiantik, serai, dan daun kari. Sajian ini memerlukan ayam daerah yang diasinkan, dipotongi dan dimasak untuk membuat sajian beraroma dan gurih yang terbaik dipadankan dengan nasi putih dan kecap.


Ayam tangkap umumnya dihidangkan dalam jatah besar bagus untuk kelompok tiga sampai 5 orang. Penampilan ayam goreng yang kotor mengelitik hasrat komedi orang Aceh yang cukup gelap. Warga di tempat sukai mengatakan ayam tsunami (ayam tsunami), ingat kerusuhan musibah yang ditinggal oleh tsunami Samudra Hindia 2004.


Sate Padang

Seakan-akan sekali mencicip barbekyu ciri khas Indonesia kurang cukup, Padang memilih untuk mengeluarkan dua barbekyunya sendiri ke dunia kulineran. Saat bersantap di Padang, Anda mempunyai opsi sate (sate) Padang Panjang atau sate Padang Pariaman. Yang pertama memakai sauce kuning kecoklat-coklatan yang bau kunyit dan rempah-rempah tingkat sedang. Yang paling akhir olahraga sauce coklat kemerahan dengan tingkat panas yang semakin tinggi.


Ke-2 tipe sate ini memakai daging kerbau, karena berlainan dengan sate ayam atau sapi yang lebih serupa dengan sate yang lain di Indonesia. Daging sapi, lidah sapi, dan dalaman direbus lebih dulu dengan bumbu seperti jinten, kunyit, lengkuas, dan ketumbar: selanjutnya ditusuk dan dipanggang hingga masak: itu dihidangkan dari sisi dengan nasi atau kue beras ketupat, dan keripik singkong pedas.


Mie Celor

Mie memiliki arti mie, dan celor memiliki arti pucat: mie direbus sesaat di air panas, saat sebelum dipertambah ke kaldu renyah yang dibuat dari terasi dan santan, selanjutnya hias dengan seledri, daun bawang, bawang merah, ayam suwir, dan telur rebus. Mie celor memakai mie telur kental, tipe yang dipakai dalam lor mee Cina. Banyak penjual mie celor yang membuat mie sendiri dari sejak awalnya


Rendang Sapi Padang

Anda akan mendapati rendang di semua Indonesia, tapi terenak dicicipi pada tempat aslinya, Padang. Kreativitas classic yang lain oleh orang Minangkabau di Sumatera, rendang dibuat dari potongan daging sapi, diolah di atas api yang kecil dalam rebusan yang dibuat dari santan dan kombinasi rempah-rempah.


Sesudah sekitaran empat jam ataupun lebih mengolah dengan lamban, Anda akan ditinggal dengan potongan daging warna gelap dan tersisa minyak. Beberapa juru masak cenderung pilih untuk stop di tengah-tengah jalan, membuat sajian daging sapi yang empuk dengan sauce kental dan pedas yang kadang dikatakan sebagai rendang kalio. Rendang tak perlu didinginkan—sebenarnya, rasa rendang akan bertambah tajam dalam kurun waktu 24 jam sesudah diolah.


Kopi Sanger

Orang Belanda pertama kalinya menanam kopi Arabika di daratan tinggi Gayo dekat Banda Aceh di tahun 1924. Bahkan juga sekarang ini, kopi Gayo jadi omongan untuk Arabika berkualitas tinggi. Pemrosesan wet hulling yang unik membuat minuman memiliki tubuh lebih enteng dengan wewangian memabukkan dan nyaris 0 keasaman.


Kopi Gayo bersatu secara baik dengan susu, khususnya di kopi sanger yang umum diminum disekitaran Banda Aceh. Untuk membikin kopi sanger, barista lokal memfilter bubuk lewat kaus kaki, menarik (tuangkan tinggi) untuk menganginkan seduhan, pada akhirnya menyatukannya dengan susu kental. Hasilnya ialah minuman panas yang berbuih dan manis serta lebih bagus kembali, harga cukup dapat dijangkau hingga Anda bisa minum cangkir sekitar yang Anda sukai.


Bingka Ambon

Bingka (atau bika) Ambon sama Ambonnya dengan kentang goreng Prancis. Bukanlah datang dari ibukota Maluku, bingka Ambon ialah sajian ciri khas Medan yang bernama diambil dari Jalan Ambon, tempat kue ini pertama kalinya dipasarkan dan ditenarkan secara lokal. Kue warna kuning yang kenyal ini berlubang-lubang, karena tuak yang gantikan ragi saat mengolah dan memberikannya rasa yang unik, Seperti Makanan Khas Sulawesi Selatan.


Bahan yang lain ialah telur, tepung, santan, dan daun pandan. Langkah mengolahnya memungkinkannya beragam struktur, dari kenyal pada bagian atas sampai kering pada bagian bawah, tempat kue berjumpa dengan loyang. Selainnya rasa aslinya yang umum, bingka Ambon sekarang datang dalam beragam macam, dimulai dari keju, cokelat, sampai durian.


Lamang Tapai

Proses pembikinan makanan penutup tradisionil Minangkabau ini panjang dan sulit, tapi hasilnya sebanding. Beras ketan digabung dengan santan, selanjutnya diolah di atas baranya api dalam silinder bambu berlapis daun pisang. Asap, bambu, daun pisang, dan santan semua memberikan rasa manis tetapi manis pada kue ketan (lamang) yang dibuat.


Topping beras ketan merah (tapai) yang diberi bumbu dan difermentasi lengkapi sajian dan memberi kontras warna dan rasa yang unik (asam tapai bertabrakan dengan manisnya lamang). Tidak seperti sajian yang lain, lamang tapai tidak bisa diduplikasi memakai perlengkapan mengolah kekinian, karena bambu, daun pisang, kayu bakar, dan peragian memberi rasa unik pada sajian itu.

R
RazkaTirta

RazkaTirta

More actions